SISTEM INFORMASI

   Kemajuan teknologi telah membuat mudah hidup manusia, semua seperti jadi satu atau terintegrasi. Teknologi yang makin canggih itu pun telah merambah ke berbagai aspek, salah satunya adalah dalam sistem informasi.

   Pengertian sistem informasi adalah sebuah keadaan dimana orang beserta teknologi yang digunakan menciptakan sebuah sistem yang saling mendukung dalam bekerja dan memanajemen sehingga dapat tersedianya informasi yang dibutuhkan. Atau sistem informasi dapat juga disebut gabungan yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi.

   Sedangkan menurut para ahli, adalah sebagai berikut :
  1. Erwan Arbie : Sistem informasi merupakan suatu sistem dari dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan dan dukungan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.
  2. Tafri D. Muhyuzir : Sistem informasi ialah data yang dikumpulkan, diklasifikasikan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah informasi entitas terkait tunggal dan mendukung satu sama lain sehingga menjadi informasi berharga bagi mereka yang menerimanya.O’Brien : Sistem informasi ialah kombinasi dari setiap unit dikelola orang (orang), hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), jaringan komputer dan jaringan komunikasi data (komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang yang bentuk organisasi.
  3. Leitch Rosses : Sistem informasi express ialah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolah transaksi harian, mendukung kegiatan operasi, manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
  4. Lani Sidharta : Sistem informasi ialah suatu sistem buatan manusia yang berisi serangkaian terpadu komponen – komponen dan manual bagian – komponen terkomputerisasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data, mengolah data, dan menghasilkan informasi bagi pengguna.
ELEMEN YANG ADA PADA SISTEM INFORMASI

   Sistem informasi terdiri dari elemen elemen yang terdiri dari orang, prosedur, perangkat keras, perangkat lunak, basis data, jaringan komputer dan komunikasi data. Semua elemen ini merupakan komponen fisik dari sebuah sistem informasi. Berikut ini adalah beberapa elemen – elemen pada sistem informasi, menurut Mahamudu :
  1. Orang yang merupakan salah satu elemen dari sistem informasi adalah mereka yang dapat mengakses dan juga menyusun sebuah sisem informasi. Orang ini bisa berupa user ataupun super user, yang dapat membangun suatu sistem, seperti programmer, analis sistem, dan juga operator dari sebuah komputer.
  2. Prosedur juga merupakan salah satu elemen fisik dalam sistem informasi. Hal ini di sebabkan karena prosedur dalam sistem informasi dapat berupa bentuk fisik, seperti halnya buku manual penggunaan atau buku petunjuk pemakaian. Ada 3 jenis prosedur yang dibutuhkan dalam menjalankan suatu sistem informasi, yaitu instruksi untuk pemakai, instruksi untuk penyiapan masukan, instruksi pengoperasian untuk karyawan pusat komputer. Ketiga instruksi tersebut pastinya memilki isi dan juga sasaran yang berbeda – beda, sesuai dengan kebutuhan penggunan sistem informasi.
  3. Perangkat keras dalam suatu sistem informasi terdiri atas komputer sebagai pusat pengolah data dan juga unit input output, peralatan penyiapan data, dan juga terminal untuk proses input dan juga output.
  4. Perangkat lunak dalam sistem informasi, pada dasarnya dapat dibagi dalam 3 jenis perangkat lunak, yaitu : Pertama, sistem perangkat lunak umum, seperti sistem pengoperasian dan sistem manajemen data yang memungkinkan pengoperasian sistem komputer. Kedua, aplikasi perangkat lunak umum, seperti model analisis dan keputusan. Dan Ketiga, aplikasi perangkat lunak yang terdiri atas program yang secara spesifik dibuat untuk setiap aplikasi.
  5. Basis data atau database merupakan salah satu elemen yang juga penting dalam sistem informasi. Database berisi seluruh data yang akan diinformasikan dalam sebuah sistem informasi, yang biasanya file tersebut berisi program dan data. File tersebut disimpan secara fisik di dalam media penyimpanan, seperti diskette, hard disk, magnetic tape, dan sebagainya. Selain itu file dan juga data bisa juga meliputi output yang sudah dicetak maupun catatan – catatan lainnya diatas kertas, mikro film, dan lain sebagainya yang mendukung kebutuhan suatu sistem informasi.
  6. Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan beberapa komputer, printer dan juga perangkat keras jaringan komputer lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data dari dan ke database bergerak melalui jaringan kabel atau tanpa kabel yang memungkinkan setiap pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data.
  7. Komunikasi Data merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara berhubungan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer dan juga perangkat – perangkat (hardware) yang lainnya dalam bentuk sinyal digital. Data – data tersebut kemudian dikirimkan melalui media komunikasi data. Data berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital. Komunikasi data merupakan bagian vital dari suatu sistem informasi karena sistem ini menyediakan infrastruktur yang memungkinkan komputer komputer dapat berkomunikasi satu sama lain.
   Dengan mempelajari sistem informasi serta beberapa elemen penting diatas penulis mengharapkan agar para pembaca dapat lebih memahami serta mengerti istilah sistem informasi yang ada di kehidupan kita. Berbagai macam pengembangan serta peningkatan dilakukan demi menunjang segala kebutuhan manusia, terutama dalam lingkup organisasi.



Daftar Pustaka :

1. Nesabmedia. "Pengertian Sistem Informasi". (Diakses pada tanggal 12 Maret 2020)











Komentar

Postingan Populer