CLOUD COMPUTING

  

Pada era digital saat ini, telah berkembang beberapa teknologi yang mampu membantu kinerja manusia. Salah satu contohnya adalah Cloud Computing yang masih dan akan terus dikembangkan. Penerapan teknologi "Cloud Computing" telah kita gunakan pada saat menggunakan email maupun ketika bermain game, yaitu media penyimpanan yang tak bisa kita lihat tapi bisa kita gunakan. Cloud Computing adalah penggabungan pemanfaatan teknologi komputer ke dalam suatu jaringan dengan menggunakan internet ("Cloud"). Sehingga dengan menggunakan Cloud Computing kita dapat menggunakan media penyimpanan sewaktu-waktu kita butuhkan tanpa perlu membawa tempat fisik dari media penyimpanan tersebut. Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

   Seperti halnya sebuah teknologi pasti ada manfaatnya, menggunakan teknologi Cloud Computing pun ada manfaatnya yaitu : 
  1. Biaya, tak perlu lagi pengguna mengeluarkan biaya yang lebih mahal ketika menggunakan biaya penyimpanan karena akan menghemat penggunaan tempat, listrik dan juga biaya lainnya.
  2. Kecepatan, pada saat ini media penyimpanan online telah tersedia dengan kecepatan tinggi ketika diakses. Hal ini akan mempermudah pengguna dalam efisiensi waktu.
  3. Skalabilitas, pengguna dapat mengakses teknologi ini kapan pun dan di belahan dunia manapun asalkan tersedia internet.
  4. Produktivitas, kemampuan pengguna teknologi ini dapat meningkatkan produktivitasnya sehari-hari. Karena kemampuan, keefektifan, kehandalan dan juga kehematan dari teknologi ini.
  5. Kinerja, ketika kita berbicara biaya dan waktu maka kita telah memangkas masalah kinerja.
  6. Kehandalan, dalam Cloud Computing terjadi pencadangan data, pemulihan bencana, dan kesinambungan bisnis lebih mudah dan lebih murah karena data dapat dicadangkan di beberapa situs yang ada pada jaringan penyedia cloud.
  7. Keamanan, penyedia Cloud menawarkan serangkaian kebijakan, teknologi, dan kontrol yang dapat memperkuat keamanan secara mendetail, membantu melindungi data, aplikasi, dan infrastruktur dari potensi ancaman.
   Beberapa tipe layanan dari Cloud Computing :
  1. Software as a Service (SaaS),  merupakan layanan dari Cloud Computing yang tinggal memakai software (perangkat lunak) yang telah disediakan. User hanya tahu bahwa perangkat lunak bisa berjalan dan bisa digunakan dengan baik. Contohnya layanan email publik (Gmail, YahooMail, Hotmail), social network (Facebook, Twitter, LinkedIn) instant messaging (Yahoo Messenger, Skype, Line, WhatsApp) dan masih banyak lagi yang lain.
  2. Platform as a Service (PaaS), merupakan layanan "rumah" bagi pengembang aplikasi yang ingin mengembangkan aplikasi tanpa harus memikirkan perawatan atau pun pemeliharaan "rumah" tersebut. Atau kalau kita analogikan dimana kita menyewa “rumah” berikut lingkungan-nya (sistem operasi, network, database engine, framework aplikasi, dll), untuk menjalankan aplikasi yang kita buat. Contohnya Amazon Web Service, Windows Azure dan bahkan tradisional hosting-pun merupakan contoh dari PaaS.
  3. Infrastructure as a Service (IaaS), merupakan layanan dari Cloud Computing yang dapat  “disewa” infrastruktur IT-nya (komputasi, storage, memory, network). Dapat di definisikan berapa besar-nya unit komputasi (CPU), penyimpanan data (storage), memory (RAM), bandwith, dan konfigurasi lain-nya yang akan kita sewa. Contoh penyedia layanan IaaS ini adalah: Amazon EC2, TelkomCloud, BizNetCloud, dan sebagainya.
  4. Serverless Computing, Perangkat lunak sebagai layanan adalah metode untuk mengirimkan aplikasi perangkat lunak melalui Internet, sesuai permintaan dan biasanya berdasarkan langganan. Dengan SaaS, penyedia cloud menjadi tuan rumah dan mengelola aplikasi perangkat lunak dan infrastruktur yang mendasarinya, serta menangani pemeliharaan apa pun, seperti pemutakhiran perangkat lunak dan perbaikan keamanan. Pengguna terhubung ke aplikasi melalui Internet, biasanya dengan browser web di ponsel, tablet, atau PC mereka.
   Cloud computing dapat berkembang disebabkan oleh segi “kemudahan” penggunaan dimana pengguna dapat dengan “cukup relatif” mudah menggunakan media LAN atau Internet melalui browser untuk mengakses dan berkolaborasi secara bersamaan tanpa melalui proses yang cukup rumit. Cloud Computing tidak harus menggunakan Internet public. Teknologi ini dapat di operasikan di LAN di IntraNet. Cloud Computing di infrastruktur Internet biasa di sebut public cloud. Cloud Computing di LAN / IntraNet biasa di sebut private cloud.

Komentar

Postingan Populer