TEKNOLOGI WEB

   Teknologi Web adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam menjembatani user/ client  dengan  web. Atau Teknologi web merupakan pengembangan mekanisme yang memungkinkan dua perangkat komputer yang lebih untuk berkomunikasi melalui jaringan. Misalnya, dalam bidang perbankan seperti web-banking yang mengatur sejumlah layanan untuk nasabah, bidang keuangan seperti Fintech yang menyediakan jasa keuangan(pinjaman) pada penggunanya, bidang kesehatan yang menyediakan info-info seperti banyaknya kamar yang tersedia pada sebuah rumah sakit dan masih banyak lagi bidang-bidang yang sudah menggunakan teknologi web ini. Web disusun dari halaman-halaman yang menggunakan teknologi web dan saling berkaitan satu sama lain. Suatu standar teknologi web saat ini sudah tersusun, meskipun penerapannya belum didukung oleh seluruh pengembang web. Standar ini disusun oleh suatu badan yaitu World Wide Web Consortium (W3C). Standar ini dibutuhkan karena semakin banyaknya variasi dalam teknologi web sehingga terkadang satu sama lain tidak kompatibel.

   Teknologi web mencakup bahasa markup, bahasa pemrograman, dan standar untuk mengidentifikasi dokumen serta tampilan. Berikut ini adalah beberapa teknologi web yang sedang berkembang :

  1. HTML (HYPERTEXT MARK-UP LANGUANGE), HTML memungkinkan seorang user untuk membuat dan menyusun bagian paragraf, heading, link atau tautan, dan blockquote untuk halaman web dan aplikasi.HTML bukanlah bahasa pemrograman, dan itu berarti HTML tidak punya kemampuan untuk membuat fungsionalitas yang dinamis. Sebagai gantinya, HTML memungkinkan user untuk mengorganisir dan memformat dokumen, sama seperti Microsoft Word.Ketika bekerja dengan HTML, kami menggunakan struktur kode yang sederhana (tag dan attribute) untuk mark up halaman website.
  2. PHP (HYPERTEXT PREPROCESSOR) adalah bahasa pemrograman yang sering disisipkan ke dalam HTML. Sejarah PHP pada awalnya merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). Bahasa pemrograman ini menggunakan sistem server-side. Server-side programming adalah jenis bahasa pemrograman yang nantinya script/program tersebut akan dijalankan/diproses oleh server. Kelebihannya adalah mudah digunakan, sederhana, dan mudah untuk dimengerti dan dipelajari.Semenjak PHP menjadi bahasa pemrograman yang open source, pengembang tidak perlu menunggu sampai dengan update terbaru rilis. Bahasa pemrograman PHP membantu Anda untuk mengembangkan aplikasi berbasis web yang cukup kompleks, handal, dan cepat. Tergantung dari spesifikasi bisnis, penggunaan hosting, tingkat pengalaman, kebutuhan aplikasi, dan pengembangan timeframe.
  3. ANDROID STUDIO merupakan platform pihak ketiga yang menyediakan sarana untuk melakukan pemrograman bagi android. Melihat perkembangan saat ini, Android Studio saat ini sudah menjadi official IDE (Integrated Development Enviroment) untuk Android Development, artinya di web resmi Android Developer dikatakan kedepan nya direkomendasikan harus menggunakan IDE Android Studio. 
  4. PLATFORM BLOGGING adalah jenis layanan atau perangkat lunak yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog sehingga kamu dapat mempublikasikan konten secara online. Untuk memulai sebuah blog, hal pertama yang paling kita butuhkan adalah platform bloggingnya sendiri. Memang memilih platform blogging bisa menjadi hal yang membingungkan karena ada banyak platform yang tersedia di luar sana, seperti WordPress dan Blogspot. 
  5. CSS (CASCADING STYLE SHEETS) adalah kumpulan perintah yang digunakan untuk menjelaskan tampilan sebuah halaman situs web dalam mark-up language. Mark-up language atau bahasa markah adalah bahasa pemrograman yang biasanya digunakan dalam membuat website. Dalam mendesain sebuah laman HTML diperlukan kode-kode CSS. Jika HTML diibaratkan sebagai seorang manusia, maka CSS adalah pakaian yang membuat penampilan menjadi semakin menarik. CSS akan membantu para web designer untuk mengubah tampilan teks (baik dari bentuk dan ukuran font maupun warnanya), menambahkan gambar, hingga mengubah latar belakang sebuah halaman HTML. Pada dasarnya, CSS berfungsi untuk mendesain, membentuk, serta mengubah tampilan halaman sebuah website. CSS dapat bekerja dan berlaku melalui tag HTML. Dengan adanya CSS, tag HTML yang sederhana dapat diubah sehingga tampilan laman website pun menjadi terlihat lebih menarik dan efisien.
  6. SVG (SCALABLE VECTOR GRAPHICS) adalah format gambar yang menggunakan XML (eXtensible Markup Language) sebagai dasar untuk membentuk gambar vektor dua dimensi. SVG dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai macam variasi dari object grafis dan juga menyediakan bentuk dasar umum seperti bujur sangkar dan elips. SVG memberikan pengendalian kualitas melalui sistem koordinat dari object grafis yang telah didefinisikan dan transformasi yang digunakan selama proses render.
   Teknologi web yang sekarang sedang berkembang saat ini akan menjadi motor bagi perkembangan web yang akan datang, sehingga diharapkan para developer - developer web yang ingin mengambil bagian diharuskan mempelajari beberapa teknologi web ini.

Daftar Pustaka : 
  1. Teknologi web untuk pengembang (Di akses pada 02 April 2020)
  2. Teknologi web (Di akses pada 02 April 2020)


Komentar

Postingan Populer