Bagaimana Internet Bekerja?

   Internet merupakan salah satu kebutuhan primer kita saat ini, dimana dalam masyarakat yang serba digital ini membutuhkan pengaksesan informasi dengan cepat dan internet adalah jawaban yang paling tepat. Tapi ketika kita menggunakan internet apakah kita sudah mengetahui cara kerja internet tersebut ? Nah, kali ini saya akan membahas bagaimana internet bekerja.

Cara Kerja INTERNET !

  Prinsip kerja internet itu bahwasanya adalah menghubungkan antara komputer dengan komputer lainnya dalam sebuah jaringan. Tapi, agar dapat terhubung internet membutuhkan dedicated server , router dan kita juga membutuhkan sang perusahaan penyedia internet itu sendiri atau yang biasanya disebut sebagai ISP (Internet Service Provider). Internet Service Provider adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyedia jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting. Contoh perusahaannya seperti Telkom, CBN,  dan INDOSAT.

   ISP memberikan protokol (Protokol itu diibaratkan sebagai dua orang yang berasal dari bangsa yang berbeda kan berdialog dan berkomunikasi, kemudian keduanya hanya dapat mengerti dan berbicara dengan bahasanya masing-masing. Oleh karena itu, agar dialog dan komunikasi dapat berjalan dengan lancar maka masing-masing orang tersebut harus berdialog dengan memakai jasa atau protokol) TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol) sebagai protokol pertukaran paket pada komputer/ gadget kita lalu IP tersebut dikonfigurasi oleh ISP agar dapat terhubung dengan server dari ISP tersebut. Konfigurasi IP tersebut biasanya dilakukan dengan Router. Di dalam router tersebut telah dikonfigurasikan misalnya : Bandwith/ kecepatan internet,macam-macam alamat website yang dapat diakses maupun yang diblokir,dan masih banyak lagi. Setelah dilakukan konfigurasi (setting) sehingga perangkat kita bisa terhubung dengan server ISP. Biasanya koneksi internet yang diberikan ISP tersambung melalui kabel telepon/ fiber optik yang terkubur atau terpasang pada tiang. Pada masing-masing port kabel yang terpasang akan diberikan IP default (biasanya 192.168.1.1). Dimana IP adress bersifat unik (tidak ada yang sama) begitu pula dengan alamat website menyimpan sebuah IP tertentu. 

   Selanjutnya kita bisa membuka alamat website karena adanya DNS (Domain name System). DNS yaitu layanan dari ISP yang memungkinkan kita untuk mengakses berbagai website, seperti google.com, yahoo.com. Cara kerja DNS sebelumnya alamat yang sering kita kenal dengan www.google.com, itu sebenarnya tadinya hanya deretan angka disertai dengan titik. Dan alamat www.google.com ini mempunyai banyak IP Address, jadi untuk menerjemahkan deretan angka IP yang tak terkira banyaknya kita membutuhkan DNS sehingga kita bisa langsung terhubung dalam suatu domain.

Di bawah ini adalah gambaran sebuah jaringan internet :

   Server ISP ini akan menerima berbagai permintaan dari browser. Mulai dari memeriksa email, melihat halaman web tertentu, dan masih banyak yang lainnya. Ketika server tidak mampu menampung semua informasi, maka browser akan dialihkan kepada server lainnya. Server lain inilah yang dinamakan dengan host server, atau secara spesifik memiliki file atau data yang kita butuhkan. Pada saat server tidak bisa menampung seluruh informasi atau permintaan yang tersedia, maka sinyal tersebut akan dialihkan ke server yang lain yang dinamakan sebagai host server. Setiap situs web terkenal di dunia biasanya memiliki host server yang dapat diakses dengan mudah oleh publik. 

   Teknologi internet sudah berkembang pesat. Koneksi tidak hanya dengan kabel tapi sudah ke WIFI (dengan gelombang radio)  dan LIFI. Internet dengan memanfaatkan cahaya (Smart LED light) dengan kecepatan up tp 100 GBps saat ini sedang dikembangkan.


Daftar Pustaka :
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Internet (Akses Pada Tanggal 21 Maret 2020)
2. Winarno Sugeng,2010,"Jaringan Komputer dengan TCP/IP", Modula.
3. https://www.mediacollege.com/internet/images/internet03.gif (Akses Pada Tanggal 21 Maret 2020)
4http://d2j1x4mfbglwr3.cloudfront.net/2013/10/lifi.jpg (Akses Pada Tanggal 21 Maret 2020)

Komentar

Postingan Populer